Minggu, 16 Oktober 2011

Karawang


DETEKSI DINI TERORISME ; PEMKAB KARAWANG GELAR SILATURAHMI MUSPIDA DENGAN MUSPIKA DAN TOKOH MASYARAKAT

>>>Salomon Nadeak / Mindo Tambunan / Omega Chandra H

Karawang, SBN -  Sebagai salah satu upaya menjamin rasa aman masyarakat serta memberi pemahaman lebih mendalam kepada masyarakat Kabupaten Karawang, tentang aksi terorisme di Wilayah Kabupaten Karawang, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Kantor Kesbanglinmas menggelar Silaturahmi antara Muspida dengan Muspika serta Tokoh Masyarakat terkait Peningkatan Deteksi Dini aksi Terosisme di Kabupaten Karawang, kegiatan berlangsung  di Aula Husni Hamid, Senin (10/10).
Dalam Sambutannya Kepala Kesbanglinmaspol Drs. H. Sujana Mengatakan bahwa Kegiatan ini diangap penting mengingat usai kejadian aksi terorisme yang terjadi di Cirebon dan Solo, dengan sasaran tempat-tempat ibadah, maka sebagai salah satu upaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Karawang, kami berupaya untuk memberikan pemahaman dan pandangan serta upaya-upaya mendeteksi secara dini tindakan aksi terorisme yang akan menghancurkan dan merugikan bagi warga Karawang dan citra Karawang di tingkat Nasional dan Internasional.
Drs. H. Sujana juga menambahkan kendati Karawang sampai saat ini cukup kondosif, namun walau demikian sangat penting di laksanakannya silaturahmi dan saling bertukar infromasi, mengingat Tragedi di Cirebon dan Solo menjadi barometer dan jangan sampai terjadi di Karawang ini. Ucapnya.
Drs. H. Sujana juga melaporkan bahwa kegiatan ini pihaknya mengundang 500 Peserta dari berbagai elemen masyarakat diantaranya adalah : Para Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, MUI dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda, hal ini sebagai wahana memberikan Pemahaman dan mengetahuan terkait gejala aksi terorisme di sekitar kita. Imbunya.
Dalam Sambutan Terpisah Bupati Karawang Drs. H. Ade Swara, MH mengatakan  bahwa semoga kegiatan ini dapat memberi tambahan bekal pengetahuan dan wawasan terhadap pengamanan Kamtibmas serta melakukan pengamanan secara sinergi antara masyarakat, Pemerintah Daerah dengan unsur TNI dan Polri terutama dalam : Peningkatan kewaspadaan dini dan penanganan terorisme terutama aksi teror bom, mengingat akhir-akhir ini telah terjadi aksi terorisme seperti yang terjadi di beberapa wilayah di indonesia. kegiatan ini menurut Bupati, merupakan realisasi dari kebijaksanaan Pemerintah Daerah dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat. oleh karena itu kegiatan ini dapat dijadikan sebagai forum untuk mengembangkan dan pengkajian permasalahan yang dihadapi terutama dalam upaya menangkal tantangan dan gangguan stabilitas keamanan daerah, sehingga dapat meminimalisir setiap aksi terorisme yang akan timbul.
Selain itu kegiatan ini agar dijadikan sebagai momentum untuk mengembangkan kesamaan persepsi, kesamaan pandang kesamaan pola pikir dan kesamaan pola tindak, sehingga secara arif dan bijaksana, kita dapat mengambil langkah-langkah preventif terhadap berbagai ancaman, tantangan dan hambatan yang timbul, yang pada gilirannya dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan serta tidak menimbulkan kegelisahan, kerawanan dan ketakutan bagi masyarakat terutama dari aksi teror bom yang belakangan ini terjadi di indonesia. ucapnya
Bupati menambahkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memantapkan komunikasi dan kerjasama yang terpadu, karena untuk menciptakan keamanan daerah kiranya perlu melibatkan instansi terkait termasuk Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.  Selanjutnya secara khusus kepada masyarakat, Bupati meminta agar turut berperan aktif dan bersinergi dengan Aparat Keamanan guna mencegah terjadinya aksi teroris dan teror bom di daerah kita, dengan meningkatkan kepedulian sekaligus mau melaporkan apabila ada aktifitas warga yang mencurigakan, hal ini perlu disikapi oleh kita semua, baik aparatur pemerintah di semua tingkatan maupun oleh komponen masyarakat yang punya kepedulian terhadap terciptanya suasana Karawang yang kondusif. Ucapnya.
 Dalam kegiatan tersebut Forum Komunikasi Muspida diberikan kesempatan untuk memberikan paparan, arahan, dan kebijakan-kebijakan serta saran-saran guna meningkatkan kewaspadaan Deteksi dini aksi terorisme di lingkungan sekitar kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar