Jumat, 30 September 2011

Karawang


DPRD DKI JAKARTA STUDI BANDING LIMBAH DAN PEMAKAMAN DI KARAWANG


>> Omega Chandra HRJ/Mindo Tambunan

Karawang, SBN - Kabupaten Karawang kembali menjadi obyek studi banding daerah lain. Tidak tanggung-tanggung, kali ini giliran rombongan Komisi D DPRD DKI Jakarta melakukan studi banding di Karawang, Rabu (21/9). Kedatangan mereka adalah untuk melihat secara langsung upaya penataan lingkungan di Kab. Karawang, khususnya terkait penanganan limbah industri dan pengelolaan pemakaman.
Asisten Pemerintahan Setda Kab. Karawang, Tatang Yudianto yang menerima rombongan tersebut menjelaskan, bahwa isu lingkungan hidup merupakan salah satu prioritas Pemerintah Kab. Karawang. ”Hal ini sejalan dengan salah satu misi yang diusung pemerintah daerah dalam mengusung daya tampung dan daya dukung lingkungan hidup,” ujarnya.
Tatang melanjutkan, masalah lingkungan hidup merupakan hal yang sangat penting, karena perusahaan yang tidak memperhatikan cara pengelolaan limbah industri, di suatu hari akan menimbulkan masalah bagi masyarakat yang berada di wilayah sekitar pabrik. ”Oleh karena itu, setiap perusahaan di Karawang harus memiliki konsep pengelolaan limbah yang baik,” tuturnya.
Terkait pengelolaan pemakaman, lanjut Tatang, di Kab. Karawang terdapat tempat pemakaman Sandiego Hills Memorial Parks, yang merupakan kawasan pemakaman pertama di dunia yang menawarkan kelengkapan fasilitas dan layanan berkualitas.
Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah taman pemakaman eksklusif, danau seluas 8 hektar, kapel, mushola, restoran italia,jogging track, kolam renang, florist & gift soft, padang rumput dan gedung serba guna berkapasitas 250 orang. ”San Diego Hills Memorial Park berdiri di atas tanah seluas 500 hektar yang berlokasi di Kecamatan Telukjambe Barat,” imbuhnya.
Untuk menggali informasi lebih lanjut, Tatang mempersilahkan kepada rombongan untuk berdialog langsung dengan dinas/instansi terkait, serta pihak dari San Diego Hills. ”Mudah-mudahan melalui kunjungan kerja ini, kita dapat saling mengisi dan memberi informasi, sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai bahan masukan dan informasi bagi DKI Jakarta,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Berlin Hutadjulu mengatakan bahwa kunjungan kerja ke Kab. Karawang kali ini sangat menarik. Kita sangat tertarik untuk melihat langsung tempat pemakaman San Diego Hills sesuai dengan bidang kerja yang dibawahi Komisi D. ”Di Jakarta sendiri kawasan pemakaman sudah menjadi bagian Ruang Terbuka Hijau atau RTH,” tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar